Dari Sa'id bin Musayyab Radhiyallahu anhu, bahwa ia melihat seseorang mengerjakan lebih dari dua rakaat shalat setelah terbit fajar. Lalu beliau melarangnya. Maka orang itu berkata, "Wahai Sa'id, apakah Allah akan menyiksa saya karena shalat?", lalu Sa'id menjawab :"Tidak, tetapi Allah akan menyiksamu karena menyalahi sunnah"

[SHAHIH. HR Baihaqi dalam "As Sunan Al Kubra" II/466, Khatib Al Baghdadi dalam "Al Faqih wal mutafaqqih" I/147, Ad Darimi I/116].



FATWA PARA ULAMA : METODE ONE DAY ONE JUZ DALAM MEMBACA AL QUR'AN

Share/Bookmark
Posted By Abu Ayaz

Kategori :

Sudah di lihat :




Fatwa Syaikh Abdul Muhsin Al Abbad dan Syaikh Abdurrazaq Al Abbad

Soal:
السلام عليكم يا شيخنا احسن الله اليكم نحن من اندونيسيا يا شيخ هناك نفر في بلدنا هذا يصنع برنامج يسمى onedayonejuz اي “جزء واحد في يوم” كل عضو من هذا البرنمج يزلم بقراءة جزء معين كامل من القرأن في يوم ، وفي نهاية اليوم يقررون الى ادارة البرنامج انهم قد قرءوا و انتهوا بجزء كذا و كذا ,ان لم يكمل العضو القرأة جزءا فعليه نوع من العقاب هل هذا البرنامج حسن ام من المحذور ؟
Assalamu’alaikum wahai Syaikh kami, semoga Allah menganugerahkan kebaikan pada anda,
Kami dari Indonesia ya Syaikh, di negeri kami ada sebagian orang yang membuat suatu program yang bernama ‘onedayonejuz’ artinya ‘satu juz dalam sehari’. Setiap anggota dari program ini diwajibkan untuk membaca 1 juz tertentu dari Al Qur’an dalam sehari. Di akhir hari mereka melaporkan kepada pengurus program ini bahwa mereka sudah membaca juz sekian dan sekian. Jika ternyata mereka tidak bisa menyempurnakan bacaan sebanyak 1 juz maka mendapatkan sejenis hukuman*). Apakah program ini baik ataukah terlarang?

Syaikh Abdurrazzaq menjawab yang intinya beliau mengatakan,
هذا العمل لا أصل له وإنما يقرأ ما تيسر
“amalan ini tidak ada asalnya dan yang benar hendaknya seseorang membaca yang mudah baginya”

Syaikh Abdurrazaq juga meminta Ustadz Abu Hatim untuk menanyakan pandangan ayah beliau, Syaikh Abdul Muhsin Al Abbad, terhadap masalah ini dan beliau menjawab:
هذا العمل ليس بطيب
“amalan ini tidak baik”
*) kami mendengar dari beberapa sumber bahwa peserta ODOJ yang tidak menyelesaikan bacaan 1 juz sampai beberapa kali akan ditransfer ke grup lain, atau dikeluarkan. Inilah hukuman yang kami maksud.
[Pertanyaan disampaikan secara langsung oleh Ustadz Abu Hatim Sigit, asisten Syaikh Abdurrazaq Al Abbad, dan jawaban disampaikan Ustadz Abu Hatim kepada redaksi Muslim.Or.Id]

Fatwa Syaikh Ali Ridha Al Madini

Soal:
يا شيخنا هناك برنامج يسمى “جزء واحد في يوم”, كل عضو من هذا البرنمج يلزم بقراءة جزء معين كامل من القرأن في يوم ، وفي نهاية اليوم يقررون الى الادارة انهم قد قرءوا و انتهوا بجزء كذا و كذا , فصار بمجموعة يختمون القرأن في ذلك اليوم بزعمهم , ان لم يكمل احدهم القرأة جزءا كاملا فيعترض الادارة الجزء الباقي الي عضو اخر,هل هذا البرنامج حسن ؟
Wahai Syaikh, ada suatu program yang bernama ‘onedayonejuz’. Setiap anggota dari program ini diwajibkan untuk membaca 1 juz tertentu dari Al Qur’an dalam sehari. Di akhir hari mereka melaporkan kepada pengurus program ini bahwa mereka sudah membaca juz sekian dan sekian. Sehingga dengan demikian mereka mengkhatamkan Al Qur’an dalam sehari, menurut mereka. Jika ternyata salah seorang diantara mereka tidak bisa menyempurnakan bacaan sebanyak 1 juz maka pengurus akan menawarkan bacaan yang tersisa tersebut kepada anggota yang lain. Apakah program ini baik?
Jawab:
هذا العمل مبتدع لا أصل له ! ولا تعتبر ختمة كاملة للشخص الواحد
“Ini adalah amalan yang bid’ah, dan tidak ada asalnya. Dan setiap anggota grup tersebut tidak dianggap telah mengkhatamkan Al Qur’an (di hari itu).”
[Syaikh Ali Ridha Al Madini adalah pengajar ilmu qira'ah di masjid Nabawi di Madinah Al Munawwarah, seorang muhaqqiq, pakar ilmu hadits, dan pembina forum ilmiah al baidha. Pertanyaan diajukan oleh redaksi Muslim.Or.Id via Twitter, bisa diakses di sini ]

Fatwa Syaikh Ra’id alu Khiznah

Soal:
السلام عليكم. أحسن الله إليكم شيخنا. نحن من أندونيسيا, و عندنا أناس وضعوا برنامجا لقراءة القرآن في مجموعة من أشخاص عددهم 30 نفرا. و على كل واحد منهم أن يقرأ من القرآن جزأا واحدا معينا في يوم واحد. و بعد الانتهاء من القراءة أخبروا مسؤول هذا البرنامج أنهم قد قرؤوا جزء كذا و كذا. إذا كان هناك واحد من هذه المجموعة لم يكمل قراءة جزء, بحيث بقي له من هذا الجزء الذي كلف به شيء لم يقرأه, فتوزّع هذه المتبقية على بقية أعضاء المجموعة ( الذي عددهم 29 شخصا ) لإتمام قراءة هذا الجزء. و الغرض من هذا البرنامج هو إتمام قراءة القرآن جماعة. فهل هذا البرنامج يجوز شرعا ؟ جزاك الله خيرا على الإجابة.
Assalamu’alaikum wahai Syaikh kami, semoga Allah menganugerahkan kebaikan pada anda,
Kami dari Indonesia ya Syaikh, di negeri kami ada sebagian orang yang membuat suatu program dalam membaca Al Qur’an secara berkelompok yang satu kelompok itu terdiri dari 30 orang. Setiap orang diwajibkan membaca 1 juz tertentu dari Al Qur’an dalam 1 hari. Setelah selesai membaca, mereka melaporkan kepada ketua grup bahwa mereka telah membaca juz sekian dan sekian. Jika ada seorang anggota grup yang tidak menyempurnakan bacaan 1 juz, yaitu ia membaca juz yang menjadi jatahnya namun tidak selesai, maka sisa bacaan yang belum selesai ini dilelang kepada 29 anggota grup yang lain. Supaya juz tersebut tetap menjadi sempurna dibaca. Tujuan dari program ini adalah mengkhatamkan Al Qur’an secara berjama’ah. Apakah program seperti ini dibolehkan secara syar’i? Semoga Allah membalas kebaikan atas jawaban yang anda berikan.
Jawab:
باختصار اذا كان للتعليم وهناك معلم لهم الاحكام لا بأس به ولكن ان كان لختم القران كاذكر فهذا لايجوز وهي بدعة
“Ringkasnya, jika ini dalam rangka belajar dan ada pengajar yang mengajarkan hukum-hukum dalam membaca Al Qur’an diantara mereka, maka tidak mengapa. Adapun jika hanya sekedar untuk mengkhatamkan Al Qur’an sebagaimana disebutkan, maka tidak boleh bahkan termasuk bid’ah.”
[Syaikh Ra'id Alu Khiznah adalah murid dari Syaikh Ali Hasan Al Halabi, Syaikh Salim Al Hilali, Syaikh Musa Alu Nashr. Pertanyaan diajukan oleh Al AkhAbu Habibah Al Jakarti melalui facebook page Syaikh Ra'id Alu Khiznah]





Sumber :  http://muslim.or.id/fatwa-ulama/fatwa-ulama-metode-one-day-one-juz-dalam-membaca-al-quran.html


Share

Comments (0)

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.