Dari Sa'id bin Musayyab Radhiyallahu anhu, bahwa ia melihat seseorang mengerjakan lebih dari dua rakaat shalat setelah terbit fajar. Lalu beliau melarangnya. Maka orang itu berkata, "Wahai Sa'id, apakah Allah akan menyiksa saya karena shalat?", lalu Sa'id menjawab :"Tidak, tetapi Allah akan menyiksamu karena menyalahi sunnah"

[SHAHIH. HR Baihaqi dalam "As Sunan Al Kubra" II/466, Khatib Al Baghdadi dalam "Al Faqih wal mutafaqqih" I/147, Ad Darimi I/116].



MENYOAL KITAB BIDAYATUL HIDAYAH

Share/Bookmark
Posted By Abu Ayaz

Kategori :

Sudah di lihat :

Oleh : Ust. Abu Asma Andre

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

إن الحمد لله نحمده ونستعينه ونستغفره ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا من يهده الله فلا مضل له ومن يضلل فلا هادي له وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له ، وأشهد أن محمداً عبده ورسوله.
يَا أَيُّهَا الّذِينَ آمَنُواْ اتّقُواْ اللّهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوتُنّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مّسْلِمُونَ   
 يَآ أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْراً وَنِسَآءً وَاتَّقُوْا اللَّهَ الَّذِيْ تَسَآءَلُونَ بِهِ وَالأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْباً
يَا أَيُّهَا الّذِينَ آمَنُواْ اتّقُواْ اللّهَ وَقُولُواْ قَوْلاً سَدِيداً . يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَن يُطِعِ اللّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزاً عَظِيماًً
أما بعد: فإن أصدق الكلام كلام الله وخير الهدي هدي محمد  وشر الأمور محدثاتها وكل محدثة بدعة وكل بدعة ضلالة وكل ضلالة في النار.

BIDAYATUL HIDAYAH  Kitab ini ditulis oleh Al Imam Al Ghazali rahimahullah, didalamnya berisi 3 pasal :

1. Tentang perbuatan - perbuatan ketaatan, dan didalamnya dibagi menjadi 13 bagian : yaitu : adab sebelum tidur, adab tidur, adab masuk ke kamar mandi, adab wudhu dan seterusnya.

2. Tentang perbuatan - perbuatan kemaksiatan, dan didalamnya dibagi menjadi 8 bagian : yaitu : dusta, ancaman dari penyelisihan janji dan seterusnya.

3. Tentang adab bergaul, dan didalamnya dibagi menjadi 10 bagian : yaitu : adab belajar, adab antara anak dengan orang tuanya dan seterusnya.Secara umum kitab ini merupakan kitab yang berisi tazkyatun nufus, dan sebagaimana kita ketahui bahwasanya Al Imam Al Ghazali rahimahullah terjatuh kepada pemahaman sufi didalam masalah ini, sehingga wajib berhati - hati didalam membacanya, akan tetapi alhamdulillah - telah banyak penuntut ilmu yang mencurahkan usahanya untuk meneliti kitab ini, diantaranya :

- Muhammad Saud Al Ma'yni, Baghdad, 1988
- Abdul Hamid Muhammad  Al Darwish, Dar Sader, Beirut 1998

Adapun yang ada di gambar adalah yang disebutkan terakhir.
Maka saran pribadi dari saya ( Abu Asma Andre ) :
" Buku ini adalah buku yang bagus - akan tetapi apabila kita belum memiliki bekal yang cukup didalam agama ini - terutama didalam paham sufistik yang pernah dianut oleh Al Imam Al Ghazali rahimahullah, maka untuk sementara jangan dahulu dibaca. Dikarenakan sebagaimana perkataan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah : bahwasanya setelah ruju' nya Al Imam Al Ghazali kepada manhaj salaful ummah - beliau tidak menulis sebuah kitabpun, dan ini menunjukkan bahwasanya kitab ini ditulis sebelum beliau ruju',
wallahu musta'an.



Abu Asma Andre  Ciangsana - Cileungsi 5 Jumadil Tsaniyah 1433 H

سبحانك اللهم وبحمدك اشهد أن لا إله إلا أنت أستغفرك وأتوب إليك

Sumber : http://www.facebook.com/notes/abu-asma-andre/bidayatul-hidayah-%D8%A8%D8%AF%D8%A7%D9%8A%D8%A9-%D8%A7%D9%84%D9%87%D8%AF%D8%A7%D9%8A%D8%A9-/352868531437440



Share

Comments (0)

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.