Dari Sa'id bin Musayyab Radhiyallahu anhu, bahwa ia melihat seseorang mengerjakan lebih dari dua rakaat shalat setelah terbit fajar. Lalu beliau melarangnya. Maka orang itu berkata, "Wahai Sa'id, apakah Allah akan menyiksa saya karena shalat?", lalu Sa'id menjawab :"Tidak, tetapi Allah akan menyiksamu karena menyalahi sunnah"

[SHAHIH. HR Baihaqi dalam "As Sunan Al Kubra" II/466, Khatib Al Baghdadi dalam "Al Faqih wal mutafaqqih" I/147, Ad Darimi I/116].



KOMIK TAMAN FIRDAUS - KISAH KARMA DAN SALEH

Share/Bookmark
Posted By Abu Ayaz

Kategori :

Sudah di lihat :



Bismillah,
Dimasa kecilku dulu, tahun 1973, ketika itu aku duduk di kelas 1 SDN Teladan, Karangampel, Jatibarang, Jawa barat, disaat sedang jam istirahat sekolah, seperti biasa, teman-teman berhamburan keluar kelas untuk bermain atau jajan, atau bersenda gurau.

Tiba-tiba datang seorang teman sekelasku yang menyodorkan sebuah buku komik, yang berjudul "Taman Firdaus", oleh KT. Ahmar, terbitan CV Diponegoro.
Langsung kulihat-lihat isi buku tersebut, dan ternyata isinya cukup menarik.
Segera aku tenggelam dalam alur cerita di buku komik tersebut.

Taman Firdaus bercerita tentang dua lelaki : Saleh dan Karma.
Dari namanya, Saleh, kita bisa menerka tipe kepribadiannya. Saleh rajin belajar, getol beribadah, suka beramal. Ia pedagang sukses, dan sering mendermakan sebagian hartanya untuk umat. Bahkan ia mendapat "Bintang Mahaputra II Pembangunan" dari pemerintah. Setelah wafat, ia masuk Surga. Jadi intinya si Saleh ini adalah tokoh Protagonis yang berakhir di surga.

Adapun Karma, orang durhaka. Sejak kecil ia dimanja, bergelimang harta. Setelah dewasa ia suka berfoya-foya, sering menghardik kaum papa, dan kerap mempermainkan wanita. Setelah mati, ia masuk neraka. Sementara Neraka seram adanya. Alih-alih menyajikan kisah, komik ini mengeksplorasi imaji tentang berbagai hukuman berat untuk para pendosa di neraka. Contohnya, "...inilah pembalasannya bagi orang-orang yang tamak, kikir, serakah!! Rakus akan harta keduniawian, tidak pernah beramal dan suka memakan harta anak yatim-piatu!!" Gambarnya : seorang lelaki telanjang, dengan lidah terjulur, kedua tangan terbelenggu, seraya merasakan setrika panas di punggungnya.
Si Karma adalah tokoh Antagonis yang berakhir di neraka.

Menurutku (pada waktu itu), buku komik ini sangat luar biasa, hampir separuh pesan-pesan dakwah islam terakomodir didalamnya.
Kesan yang mendalam dari hasil membaca buku komik itu masih terasa sampai sekarang.
Pesan-pesan moralnya juga jelas, dan masih membekas sampai saat ini, cukup simpel :

"Jadilah oranng yang baik, muslim yang shaleh, bertakwa kepada ALlah subhanahu wa ta'ala.
Jauhilah maksiat, janganlah menjadi orang jahat yang bergelimang dengan dosa".


(salah satu gambar rekaan dalam komik tersebut) 
Malaikat Maut mencabut nyawa si Karma

Alhamdulillah, pada tahun 2011 ini, setelah sekian lama mencari, baik di alam nyata, maupun didunia internet, akhirnya aku berhasil menemukan kembali buku komik "Taman Firdaus" cetakan tahun 1961 tersebut.
Dan aku telah menguploadnya dalam format PDF, agar dapat berbagi bacaan kepada teman-teman semua.

Bagi yang berminat, silahkan mendownloadnya, namun karena ini adalah cerita komik (yang berisi gambar-gambar), maka file nya cukup besar, sekitar 43 MB. Jadi bagi yang internet speed nya lambat, harus agak bersabar dalam mendownloadnya.

Untuk Download, silahkan klik judul bukunya di bawah ini :

Komik Taman Firdaus - Karma dan Saleh - Surga dan Neraka

Semoga bermanfaat.




Share

Comment (1)

Alhamdulillah saya menemukan link ini ...
terima kasih pak... saya juga pernah membaca dan memilikinya pada tahun 1982 .... sayang ketika saya pindah rumah dan juga karena dianggap buku komik anak kecil, saya kehilangan buku itu.
Jalan ceritanya sederhana, tapi sampai sekarang cerita dua orang itu sangat tertancap di ingatan saya.
Saya belum sempat mendown load nya, tapi saya berharap jika sudah selesai down load akan saya berikan kepada anak saya.

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.