Dari Sa'id bin Musayyab Radhiyallahu anhu, bahwa ia melihat seseorang mengerjakan lebih dari dua rakaat shalat setelah terbit fajar. Lalu beliau melarangnya. Maka orang itu berkata, "Wahai Sa'id, apakah Allah akan menyiksa saya karena shalat?", lalu Sa'id menjawab :"Tidak, tetapi Allah akan menyiksamu karena menyalahi sunnah"

[SHAHIH. HR Baihaqi dalam "As Sunan Al Kubra" II/466, Khatib Al Baghdadi dalam "Al Faqih wal mutafaqqih" I/147, Ad Darimi I/116].



ADAKAH DOA KHATAMAN AL QUR'AN ?

Share/Bookmark
Posted By Abu Ayaz

Kategori :

Sudah di lihat :



Penjelasan dari Syaikh Sholih Al Munajjid dalam sitenya “Al Islam Sual wa Jawab”

هل في السنة دعاء بعد ختم القرآن ؟

Adakah dalam sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam doa khataman al Qur’an?

أرجو منكم إرسال دعاء ختم القرآن الكريم كما ورد في السنة النبوية .

Aku berharap agar anda mengirimiku doa yang diucapkan ketika khataman al Qur’an sebagaimana yang terdapat dalam sunah Nabi.

الحمد لله
ليس في السنة النبوية دعاء خاص بعد ختم القرآن الكريم ، ولا حتى عن أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم أو الأئمة المشهورين ، ومن أشهر ما ينسب في هذا الباب الدعاء المكتوب في آخر كثير من المصاحف منسوباً لشيخ الإسلام ابن تيمية رحمه الله ، ولا أصل له عنه .
انظر : “فتاوى الشيخ ابن عثيمين” (14/226) .

Jawaban, “Tidak terdapat dalam sunah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam doa khusus yang dibaca saat khataman al Qur’an. Demikian pula tidak terdapat doa khusus dalam hal ini yang berasal dari para sahabat Nabi atau imam yang terkenal. Dalam hal ini terdapat sebuah rangkaian doa yang terdapat di bagian akhir berbagai mushaf yang katanya merupakan rangkaian doa dari Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah namun ini adalah anggapan yang tidak berdasar. Silahkan cek Fatawa Syaikh Ibnu Utsaimin 14/226.

والدعاء بعد ختم القرآن إما أن يكون بعد ختمه في الصلاة ، أو خارجها ، ولا أصل للدعاء بعد الختمة في الصلاة ، وأما خارجها فقد ورد فعله عن أنس رضي الله عنه .

Doa saat khataman al Qur’an ada dua kategori.
(a) doa tersebut dibaca di dalam shalat,
(b) doa tersebut dibaca di luar shalat. Tidak ada landasan syar’i yang akurat yang melegalkan pembacaan doa khataman al Qur’an dalam shalat. Sedangkan doa khataman al Qur’an di luar shalat itu dibolehkan berdasarkan perbuatan salah seorang sahabat Nabi, yaitu Anas radhiyallahu ‘anhu.

سئل الشيخ ابن عثيمين رحمه الله : ما حكم دعاء ختم القرآن في قيام الليل في شهر رمضان ؟

Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah ditanya tentang apa hukum membaca doa khataman al Qur’an dalam shalat Tarawih saat bulan Ramadhan.

فأجاب : لا أعلم في ختمة القرآن في قيام الليل في شهر رمضان سنة عن النبي صلى الله عليه وسلم ، ولا عن الصحابة أيضا ، وغاية ما ورد في ذلك أن أنس بن مالك رضي الله عنه كان إذا ختم القرآن جمع أهله ودعا . وهذا في غير الصلاة ” انتهى .
“فتاوى أركان الإسلام” (ص 354) .

Jawaban beliau, “Aku tidak mengetahui adanya hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ataupun riwayat dari para sahabat yang menunjukkan dituntunkannya membaca doa khataman al Qur’an ketika shalat Tarawih di bulan Ramadhan. Yang ada hanyalah riwayat dari Anas bin Malik. Jika beliau mengkhatamkan al Qur’an beliau mengumpulkan anggota keluarga beliau lalu memanjatkan doa. Namun perbuatan Anas ini beliau lakukan di luar shalat” (Fatawa Arkan al Islam hal 354).

وللشيخ بكر أبو زيد رسالة نافعة في هذه المسألة ، ومما جاء في خاتمتها:

Syaikh Bakr Abu Zaid memiliki buku bagus yang khusus membahas permasalahan ini. Di bagian kesimpulan tertulis sebagai berikut:

من مجموع السياقات في الفصلين السالفين نأتي إلى الخاتمة في مقامين :

Dari berbagai riwayat yang telah dibahas di dua fasal di atas, berikut ini kami sampaikan dua poin kesimpulan.

المقام الأول : في مطلق الدعاء لختم القرآن :

Kesimpulan pertama, tentang doa khataman al Qur’an secara umum.

والمتحصل في هذا ما يلي :

Kesimpulan bahasan tentang hal ini adalah sebagai berikut:

أولاً :
أن ما تقدم مرفوعا وهو في مطلق الدعاء لختم القرآن :
لا يثبت منه شيء عن النبي صلى الله عليه وسلم , بل هو إما موضوع أو ضعيف لا ينجبر ،

Pertama, kesimpulan tentang hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam terkait dengan doa khataman al Qur’an adalah tidak ada satu pun yang sahih dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam . Riwayat yang ada adalah hadits palsu atau hadits lemah yang tidak mungkin terangkat ke derajat hasan.

ويكاد يحصل القطع بعدم وجود ما هو معتمد في الباب مرفوعاً ؛ لأن العلماء الجامعين الذين كتبوا في علوم القرآن وأذكاره أمثال : النووي , وابن كثير , والقرطبي , والسيوطي , لم تخرج سياقاتهم عن بعض ما ذكر ، فلو كان لديهم في ذلك ما هو أعلى إسناداً لذكروه .

Kita hampir saja bisa menegaskan tentang tidak adanya hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang bisa dijadikan pegangan dalam beramal dalam masalah ini. Alasannya adalah para ulama yang menulis buku tentang ilmu-ilmu al Qur’an dan dzikir semisal an Nawawi, Ibnu Kasir, al Qurthubi dan Suyuthi seluruh riwayat yang mereka bawakan tentang doa khataman al Qur’an tidak lepas dari dua kemungkinan di atas. Seandainya mereka mengetahui adanya sanad yang lebih berkualitas tentang akan mereka sebutkan dalam karya-karya mereka.

ثانياً :
أنه قد صح من فعل أنس بن مالك رضي الله عنه الدعاء عند ختم القرآن ، وجمع أهله وولده لذلك , وأنه قد قفاه (أي : تابعه) على ذلك جماعة من التابعين , كما في أثر مجاهد بن جبر رحمهم الله تعالى أجمعين .

Kedua, terdapat riwayat yang shahih menceritakan perbuatan Anas bin Malik yang berdoa ketika khataman al Qur’an dan beliau mengumpulkan istri dan anak-anaknya untuk keperluan acara tersebut. Perbuatan Anas ini diikuti oleh sejumlah tabiin semisal Mujahid bin Jabar.

ثالثاً :
أنه لم يتحصل الوقوف على شيء في مشروعية ذلك في منصوص الإمامين : أبي حنيفة والشافعي رحمهما الله تعالى

Ketiga, tidak dijumpai satu pun perkataan Imam Abu Hanifah dan Syafii yang membahas tentang disyariatkannya doa khataman al Qur’an.

وأن المروي عن الإمام مالك رحمه الله : أنه ليس من عمل الناس ، وأن الختم ليس سنة للقيام في رمضان .

Sedangkan dari Imam Malik diriwayatkan bahwa beliau mengatakan, “Doa khataman al Qur’an itu tidak pernah dilakukan oleh manusia (yang beliau jumpai) dan tidaklah termasuk sunah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca doa khataman al Qur’an dalam shalat Tarawih”.

رابعاً :
أن استحباب الدعاء عقب الختم , هو في المروي عن الإمام أحمد رحمه الله تعالى , كما ينقله علماؤنا الحنابلة , وقرره بعض متأخري المذاهب الثلاثة .

Keempat, menganjurkan untuk membaca doa khataman al Qur’an adalah pendapat yang diriwayatkan dari Imam Ahmad sebagaimana yang dinukil oleh para ulama yang bermazhab Hanbali dan ditetapkan oleh beberapa ulama generasi belakangan dari tiga mazhab (selain Hanbali).

المقام الثاني : في دعاء الختم في الصلاة :

Kesimpulan kedua mengenai doa khataman al Qur’an di dalam shalat.

وخلاصته فيما يلي :

Kesimpulannya adalah sebagai berikut:

أولاً :
أنه ليس فيما تقدم من المروي حرف واحد عن النبي صلى الله عليه وسلم أو عن أحد من صحابته رضي الله عنهم يفيد مشروعية الدعاء في الصلاة بعد الختم قبل الركوع أو بعده لإمام أو منفرد .

Pertama, berdasarkan riwayat-riwayat yang ada tidak dijumpai satupun riwayat dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ataupun satu pun sahabat yang menunjukkan dianjurkannya membaca doa khataman al Qur’an di dalam shalat baik sebelum ruku ataupun setelah ruku baik selaku imam ataupun selaku makmum.

ثانياً :
أن نهاية ما في الباب هو ما يذكره علماء المذهب من الرواية عن الإمام أحمد رحمه الله تعالى في رواية حنبل والفضل والحربي عنه – والتي لم نقف على أسانيدها – : من جعل دعاء الختم في صلاة التراويح قبل الركوع .

Kedua, maksimal yang bisa kita jumpai adalah apa yang disebutkan oleh para ulama mazhab Hanbali yang mengatakan bahwa Imam Ahmad sebagaimana dituturkan oleh Hanbal, al Fadhl dan al Harbi- namun sayang sanadnya sampai Imam Ahmad tidak terdeteksi-mengatakan bahwa doa khataman al Qur’an itu diletakkan sebelum ruku’ dalam shalat Tarawih.

وفي رواية عنه – لا يعرف مخرجها – : أنه سهل فيه في دعاء الوتر …
انظر : ” مرويات دعاء ختم القرآن ” .

Dalam riwayat lain yang juga tidak diketahui ulama yang meriwayatkannya dengan bersanad, Imam Ahmad memberi kelonggaran untuk membaca doa khataman al Qur’an ketika shalat Witir”.

Untuk lebih detailnya silahkan baca buku Marwiyat Doa Khatmil Qur’an karya Syaikh Bakr Abu Zaid.


[http://islamqa.com/ar/ref/65581/sunnah]
Sumber : http://ustadzaris.com/adakah-doa-khotaman-al-quran


Share

Comments (0)

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.