Dari Sa'id bin Musayyab Radhiyallahu anhu, bahwa ia melihat seseorang mengerjakan lebih dari dua rakaat shalat setelah terbit fajar. Lalu beliau melarangnya. Maka orang itu berkata, "Wahai Sa'id, apakah Allah akan menyiksa saya karena shalat?", lalu Sa'id menjawab :"Tidak, tetapi Allah akan menyiksamu karena menyalahi sunnah"

[SHAHIH. HR Baihaqi dalam "As Sunan Al Kubra" II/466, Khatib Al Baghdadi dalam "Al Faqih wal mutafaqqih" I/147, Ad Darimi I/116].



HALALKAH VAKSIN MENINGITIS UNTUK KEPERLUAN HAJI DAN UMROH ??

Share/Bookmark
Posted By Abu Ayaz

Kategori :

Sudah di lihat :



Oleh : Ust. Irfan Helmi

Bismillah,
Sehubungan dengan banyaknya pertanyaan dari masyarakat khususnya yang mau berangkat umroh tentang kehalalan vaksin meningitis, maka dengan ini kami sampaikan Fatwa MUI No.06 Th 2010, tentang Penggunaan Vaksin Meningitis Bagi Jemaah Haji atau Umrah sebagai berikut :

1. Vaksin Mencevax™ACW135Y adalah vaksin meningitis yang diproduksi oleh Glaxo Smith Kline Beecham Pharmaceutical, Belgium. Hukumnya HARAM.

2. Vaksin Menveo Meningococcal adalah vaksin yang mempunyai nama produksi Menveo Meningococcal Group A,C,W135 and Y Conyugate Vaccine yang diproduksi oleh Novartis Vaccine and Diagnostics S.r.i, Italy ["Novartis"]. Hukumnya HALAL.

3. Vaksin Meningococcal adalah vaksin yang mempunyai nama produksi Meningococcal Vaccine yang diproduksi oleh Zheijiang Tianyuan Bio Pharmaceutical Co.Ltd., China ["Tianyuan"]. Hukumnya HALAL.

4. Ketentuan dalam Fatwa MUI No.5 Th 2009 yg menyatakan bahwa orang yang melaksanakan haji atau umrah boleh menggunakan vaksin meningitis yang haram karena lil hajah (kebutuhan mendesak) DINYATAKAN TDK BERLAKU LAGI.

Ditetapkan : di Jakarta
Pada tgl : 4 Sya'ban 1431 H/ 16 Juli 2010 M.

KOMISI FATWA
MAJELIS ULAMA INDONESIA
Ketua,
Ttd
DR.HM. ANWAR IBRAHIM

Sekretaris,
Ttd
DR.H. HASANUDIN, M.Ag

Mengetahui,
DEWAN PIMPINAN
MAJELIS ULAMA INDONESIA
Ketua,
Ttd
KH. MA'RUF AMIN

Sekretaris Umum,
Ttd
DRS.HM. ICHWAN SAM


Sumber : Blackberry Broadcast dari Ust. Irfan Helmi langsung.


Share

Comments (0)

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.