Dari Sa'id bin Musayyab Radhiyallahu anhu, bahwa ia melihat seseorang mengerjakan lebih dari dua rakaat shalat setelah terbit fajar. Lalu beliau melarangnya. Maka orang itu berkata, "Wahai Sa'id, apakah Allah akan menyiksa saya karena shalat?", lalu Sa'id menjawab :"Tidak, tetapi Allah akan menyiksamu karena menyalahi sunnah"

[SHAHIH. HR Baihaqi dalam "As Sunan Al Kubra" II/466, Khatib Al Baghdadi dalam "Al Faqih wal mutafaqqih" I/147, Ad Darimi I/116].



BENARKAH ALLAH HANYA MEMILIKI 99 NAMA SAJA ?

Share/Bookmark
Posted By Abu Ayaz

Kategori :

Sudah di lihat :



Bismillah,
Berapa jumlah nama-nama Allah? Apakah ismullahil a’zham (nama Allah yang terbesar) yang kalau seseorang berdoa dengannya pasti akan dikabulkan? Berikut jawabannya dari Asy-Syaikh Saleh Al-Fauzan, yang kami nukil dari fatawa beliau Al-Muntaqa jilid I:

Allah Ta ’ala berfirman :

‎وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ‏ الْحُسْنَى فَادْعُوهُ بِهَا

“Hanya milik Allah asma-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu”. (QS. Al-A’raf : 180)

Dan (Allah) Ta’ala berfirman :

لَهُ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَى

“Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang baik).” (QS. Thoha: 8 )

Asma`ullah al-husna tidak ada yang mengetahui jumlahnya kecuali Allah Subhanahu wa Ta’ala dan tidak ada dalam Al-Qur`an dan As-Sunnah pembatasannya. Mungkin untuk menghitung nama-nama yang datang dalam Al-Kitab dan As-Sunnah. Dan sebagian ulama telah mengumpulkan kebanyakan dari nama-nama tersebut dalam karangan-karangan dan sebagian mereka menjadikannya dalam bentuk sya’ir, seperti Ibnul Qoyyim dalam An-Nuniyah dan Asy-Syaikh Husain bin ‘Ali Alu Asy-Syaikh dalam manzhumah (bait-bait sya’ir) nya (yang berjudul) Al-Qaulul Asna fii Nazhomil Asma`il Husna dan buku ini telah tercetak dan beredar.

Adapun ismullahil a’zhom, maka telah warid (datang) bahwa dia (terdapat) dua ayat ini :

 ‎ اللَّهُ لا إِلَهَ إِلا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ

“Allah, tidak ada sembahan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya)”. (QS. Al-Baqarah : 255)

Dan firmanNya Ta’ala :

 ‎الم ,اللَّهُ لا إِلَهَ إِلا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ

“Alif laam miim. Allah, tidak ada sembahan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya.” (QS. Ali ‘Imran : 1-2)

Dan juga warid bahwa dia pada ayat yang ketiga, yaitu firman Allah Ta’ala dalam surah Thoha :

وَعَنَتِ الْوُجُوهُ لِلْحَيِّ الْقَيُّومِ

“Dan tunduklah semua muka (dengan berendah diri) kepada Tuhan Yang Hidup Kekal lagi senantiasa mengurus (makhluk-Nya)”. (QS. Thoha: 111)

Hal ini disebutkan oleh Ibnu Katsir dalam Tafsir beliau.”

Pertanyaan :
Assalaamu’alaikum warohmatulahi wa barokaatuh. Bagaimana dengan hadits, “sesungguhnya Allah memiliki 99 nama….”, apa maksudnya? Jazakallahu khoir. Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Jawab : 
Haditsnya shahih riwayat Al-Bukhari dan Muslim, tapi hadits itu tidak menunjukkan pembatasan nama Allah sebagaimana yang diterangkan oleh para ulama, di antaranya Syaikhul Islam Ibnu Taimiah. Terjemahan hadits yang antum sebutkan keliru, yang benarnya:

“Sesungguhnya hanya milik Allah 99 nama, siapa yang menghafalnya (mengamalkannya) maka akan masuk surga.”

Maka antum bisa lihat, sama sekali tidak ada keterangan dalam hadits ini kalau nama Allah hanya 99. Hadits ini hanya menyebutkan pengkhususan ke-99 nama itu untuk Allah, tapi tidak menunjukkan bahwa nama-Nya hanya 99 saja. Makna haditsnya: Sesungguhnya Allah punya nama yang tidak terbatas jumlahnya, di antara semua nama Allah itu ada 99 di antaranya, barangsiapa menghafalnya maka akan masuk surga. Wallahu a’lam.

Sumber : http://al-atsariyyah.com/berapa-jumlah-nama-allah.html


Share

Comments (0)

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.