Dari Sa'id bin Musayyab Radhiyallahu anhu, bahwa ia melihat seseorang mengerjakan lebih dari dua rakaat shalat setelah terbit fajar. Lalu beliau melarangnya. Maka orang itu berkata, "Wahai Sa'id, apakah Allah akan menyiksa saya karena shalat?", lalu Sa'id menjawab :"Tidak, tetapi Allah akan menyiksamu karena menyalahi sunnah"

[SHAHIH. HR Baihaqi dalam "As Sunan Al Kubra" II/466, Khatib Al Baghdadi dalam "Al Faqih wal mutafaqqih" I/147, Ad Darimi I/116].



BERAPA LAMA ORANG BOLEH TIDAK MANDI ?

Share/Bookmark
Posted By Abu Ayaz

Kategori :

Sudah di lihat :



Bismillah,
Mandi seharusnya kegiatan yang dilakukan setiap hari untuk membersihkan tubuh, tapi beberapa orang ada yang malas mandi atau tidak bisa mandi. Berapa lama tubuh bisa menoleransi orang yang tidak mandi?

Hal yang terlintas di pikiran seseorang ketika tidak mandi adalah badan yang kotor, bau dan dijauhkan dari lingkungan sosial seperti anggota keluarga atau teman-temannya. Maka itu mandi merupakan salah satu kegiatan wajib untuk membersihkan kotoran yang melekat di tubuh.

Ada beberapa alasan kenapa orang yang jarang mandi seperti jumlah air yang tersedia hanya sedikit misalnya di daerah gurun, ketersediaan fasilitas untuk mandi khususnya di daerah yang akses kesehatannya masih terbatas, pekerjaan yang menguras waktu, sudah menjadi gaya hidupnya serta musim karena pada musim dingin orang lebih cenderung malas untuk mandi.

Seperti dikutip dari Thefrisky.com, Kamis (23/12/2010) berapa lama seseorang boleh tidak mandi umumnya bersifat relatif, tergantung dari aktivitas dan juga kondisi kesehatannya.

Namun umumnya seseorang bisa bertahan tidak mandi selama 5-7 hari, meski mungkin ada yang bisa bertahan kurang atau lebih lama dari jangka waktu itu.

Hal ini dikarenakan jika seseorang terlalu lama tidak mandi, maka kotoran yang menempel di kulit akan semakin tebal sehingga menghambat keringat untuk mengeluarkan sisa-sisa metabolisme tubuh dan juga memungkinkan bakteri serta mikroorganisme berkembang biak di kulit.

Idealnya jika seseorang sudah merasakan badan yang lengket serta timbul gatal-gatal di kulit, itu bisa menjadi tanda bahwa sudah waktunya bagi tubuh untuk mandi. Jika hal ini diabaikan bisa memicu terjadinya penyakit kulit seperti kurap atau gatal-gatal yang menimbulkan ruam di kulit.

Namun kondisi ini bisa lebih parah daripada sekedar gatal-gatal seperti adanya mikroorganisme staphylococcus, maka bisa berakibat fatal terutama jika mikroorganisme ini mencapai aliran darah. Meskipun hal ini sangat jarang terjadi.

Jadi walaupun tubuh bisa menerima orang tidak mandi, tapi jarang mandi bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan tubuhnya. Sebaliknya rajin mandi akan mendapatkan sejumlah manfaat untuk tubuhnya. Apalagi jika Anda punya masalah bau badan, malah disarankan untuk sering-sering mandi.


(Detikhealth.com)
Sumber : http://ihsanmed.wordpress.com/2011/01/05/berapa-lama-orang-boleh-nggak-mandi/


Share

Comments (0)

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.