Dari Sa'id bin Musayyab Radhiyallahu anhu, bahwa ia melihat seseorang mengerjakan lebih dari dua rakaat shalat setelah terbit fajar. Lalu beliau melarangnya. Maka orang itu berkata, "Wahai Sa'id, apakah Allah akan menyiksa saya karena shalat?", lalu Sa'id menjawab :"Tidak, tetapi Allah akan menyiksamu karena menyalahi sunnah"

[SHAHIH. HR Baihaqi dalam "As Sunan Al Kubra" II/466, Khatib Al Baghdadi dalam "Al Faqih wal mutafaqqih" I/147, Ad Darimi I/116].



HADITS PALSU TENTANG "KEUTAMAAN MENCARI NAFKAH" YANG BANYAK BEREDAR DI BLACKBERRY, FACEBOOK DAN TWITTER

Share/Bookmark
Posted By Abu Ayaz

Kategori :

Sudah di lihat :



Bismillah,
Telah beredar hadits di dunia maya, khususnya Blackberry dan Facebook, hadits tentang keutamaan mencari nafkah.

Setelah ditelusuri, ternyata salah satu sumber penyebarannya berasal dari software Blackberry, yakni IPG (Islamic Pocket Guide), dinukil pada tanggal 15 February 2012.

Celakanya lagi, di IPG, hadits ini di klaim sebagai riwayat Imam Bukhari. Didustakan atas nama Imam Bukhari, Imam Ahli hadits yang masyhur sangat ketat dalam menyeleksi hadits-hadits Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, yang mustahil ada dikitab beliau hadits-hadits PALSU.

Saya (Abu Ayaz) telah menulis email kepada perusahaan pembuat software IPG ini tertanggal 16 February 2012 untuk menanyakan hal ini. Tapi sampai sekarang, tanggal 23 February 2012, tidak ada tanggapan dari mereka. Maka tidak dapat tidak, masalah ini saya angkat dalam artikel di blog saya ini untuk memperingatkan para pembaca blog saya terhadap masalah ini.

Inilah hadits berasal dari dari IPG tgl 15 Feb 2012 :

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :
"Sesungguhnya di antara dosa-dosa itu, ada dosa yang tidak dapat terhapus dengan puasa dan shalat."
Maka para sahabat pun bertanya: "Apakah yang dapat menghapusnya, wahai Rasulullah ?"
Beliau menjawab: "Bersusah payah dalam mencari nafkah." (HR. Bukhari)

Benarkah hadits diatas adalah riwayat Bukhari?

Inilah hadits tersebut selengkapnya :

Oleh : Ustadz Muhammad Wasitho LC. MA

قال الطبراني: حدثنا أحمد بن يحيى بن خالد قال حدثنا محمد بن سلام المصري قال حدثنا يحيى بن عبد الله بن بكير قال حدثنا مالك بن أنس عن محمد بن عمرو عن أبي سلمة عن أبي هريرة قال قال رسول الله : " إِنَّ مِنَ الذُّنُوْبِ ذُنُوْبًا لاَ يُكَفِّرُهَا الصَّلاَةُ وَ لاَ الصِّيَامُ وَ لاَ الْحَجُّ وَ لاَ اْلعُمْرَةُ. قَالَ: فَمَا يُكَفِّرُهَا يَا رَسُوْلَ اللهِ ؟ قَالَ : اَلْهُمُوْمُ فِيْ طَلَبِ الْمَعِيْشَةِ ".

"Diriwayatkan oleh Ath-Thabrani dari Ahmad bin Yahya bin Kholid, ia berkata; telah menceritakan kepada kami MUHAMMAD BIN SALAM AL-MISHRI, ia berkata; telah menceritakan kepada kami Yahya bin Abdullah bin Bukair, ia berkata; telah menceritakan kepada kami Malik bin Anas, dari Muhammad bin ‘Amr, dari Abu Salamah, dari Abu Hurairah rodhiyallahu anhu, ia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya di antara dosa-dosa ada yang tidak bisa dihapus (ditebus) dengan pahala shalat, puasa, haji atau umroh (atau jihad, sbgmna dlm riwayat lain, pent), namun hanya dapat ditebus dengan kesusah-payahan dalam mencari nafkah."

KETERANGAN HADITS :
Hadits ini Diriwayatkan oleh Ath-Thobroni di dalam Al-Mu’jam Al-Ausath I/38 no.102, Abu Nu'aim dalam Hilyatul Auliya' VI/235, Al Haitsami dalam Majma'u Az-Zawa-id IV/75 no.6239, dan selainnya.

DERAJAT HADITS :
Hadits ini derajatnya PALSU (maudhu’).

Syaikh Al-Albani berkata: “Hadits ini Maudhu’/PALSU. (Lihat Silsilah Al-Ahadits Adh-Dho’ifah II/324 no.924, dan Dho’if Al-Jami’ Ash-Shoghir no.1994)

Di dalam sanadnya terdapat seorang perawi yang bernama Muhammad bin Salam Al-Mishri.

Imam Adz-Dzahabi berkata tentangnya: “Dia meriwayatkan dari Yahya bin Bukair dari Malik sebuah riwayat yang PALSU.”

Al-Khothib Al-Baghdadi berkata tentangnya: “Dia meriwayatkan dari Yahya bin Bukair sebuah hadits yang MUNKAR.”
________________

CATATAN :
Dan ternyata perusahaan sipembuat software ini, selain membuat IPG, ia juga membuat CPG = Christian Pocket Guide

Waduh, benar-benar Sinkretis, Pluralis, tidak faham Al wala' dan al bara dalam beragama.
Allahul musta'an.
Semoga bermanfaat



Sumber telaah Hadits : http://majelisfiqih.wordpress.com/category/mushthalah-hadits/hadits-dhaif-dan-palsu/


Share

Comments (0)

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.