Dari Sa'id bin Musayyab Radhiyallahu anhu, bahwa ia melihat seseorang mengerjakan lebih dari dua rakaat shalat setelah terbit fajar. Lalu beliau melarangnya. Maka orang itu berkata, "Wahai Sa'id, apakah Allah akan menyiksa saya karena shalat?", lalu Sa'id menjawab :"Tidak, tetapi Allah akan menyiksamu karena menyalahi sunnah"

[SHAHIH. HR Baihaqi dalam "As Sunan Al Kubra" II/466, Khatib Al Baghdadi dalam "Al Faqih wal mutafaqqih" I/147, Ad Darimi I/116].



KETIKA SELESAI SHALAT, TERNYATA DI PAKAIAN ADA NAJIS

Share/Bookmark
Posted By Abu Ayaz

Kategori :

Sudah di lihat :



Pertanyaan :
Seseorang shalat, sementara di pakaiannya ada benda najis dan dia tidak tahu sampai selesai shalat. Apa hukum shalatnya?

Jawab:
Shalatnya sah. Bahkan jika ada orang yang mengetahui di bajunya ada najis, namun dia lupa mencucinya, kemudian dia shalat dengan baju ini maka shalatnya sah. Karena Allah berfirman, yang artinya,
“Ya Allah, janganlah engkau siksa kami, ketika kami lupa atau keliru.” (QS. Al Baqarah: 286),
Dan Allah telah mengabulkan doa ini.

Disamping itu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengimami para sahabat kemudian didatangi Jibril untuk memberi tahu bahwa di sandal beliau ada kotoran. Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melepasnya dan beliau tetap melanjutkan shalat (tanpa membatalkan). Andaikan shalat itu batal disebabkan tidak tahu ada najis di pakaian, tentu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallamakan (membatal) kemudian mengulangi shalatnya dari awal.
[Liqa’at Bab Al Maftuh, volume: 1, no. 30]


Sumber : http://kumpulan-artikelsunnah.blogspot.com/2011/04/ketika-selesai-shalat-ternyata-pakaian.html


Share

Comments (0)

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.