Dari Sa'id bin Musayyab Radhiyallahu anhu, bahwa ia melihat seseorang mengerjakan lebih dari dua rakaat shalat setelah terbit fajar. Lalu beliau melarangnya. Maka orang itu berkata, "Wahai Sa'id, apakah Allah akan menyiksa saya karena shalat?", lalu Sa'id menjawab :"Tidak, tetapi Allah akan menyiksamu karena menyalahi sunnah"

[SHAHIH. HR Baihaqi dalam "As Sunan Al Kubra" II/466, Khatib Al Baghdadi dalam "Al Faqih wal mutafaqqih" I/147, Ad Darimi I/116].



TANGGAPAN TERHADAP SMS : PERBEDAAN KITA DENGAN NABI SHALLALLAHU 'ALAIHI WA SALLAM

Share/Bookmark
Posted By Abu Ayaz

Sudah di lihat :




Tanggapan Terhadap SMS: “Ternyata Kita Dengan Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wasallam- Hanya Beda Sedikit?

Oleh : Ust. Abdul Hakim bin Amir Abdat”

Beberapa waktu yang lalu, sempat beredar bait-bait kalimat yang kira-kira berbunyi seperti ini:

Ternyata, kita dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam hanya beda sedikit.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam sedikit tidur, kita sedikit-sedikit tidur.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam sedikit tertawa, kita sedikit-sedikit tertawa.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam sedikit bercanda, kita sedikit-sedikit bercanda.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam sedikit makan, kita sedikit-sedikit makan.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam sedikit-sedikit menangis, kita sedikit menangis.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam sedikit-sedikit beramal, kita sedikit beramal.
Semoga kita bisa mengejar perbedaan yang sedikit itu. Amin.

Beberapa bait kalimat ini pernah saya jumpai beberapa kali dalam beberapa media. Diantaranya di facebook. Dan mungkin juga beredar di sms-sms kaum muslimin.

Kaget dan terhentak. Itulah respon fisik yang pertama kali saat membaca untaian kalimat yang berasal dari seseorang yang kemudian dimuat di majalah As-Sunnah. Betapa tidak, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam yang merupakan Rasul dan makhluk termulia dikatakan hanya beda sedikit dengan manusia saat ini. Tanpa disadari, sungguh (untaian kalimat) ini merupakan sebuah penghinaan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam. Hendaklah yang menyusun untaian kalimat ini dan yang menyebarkannya bertaubat kepada Allah ta’ala. Mungkin, maksud dan tujuannya baik, yaitu (untuk) memberikan motivasi agar giat beramal. Tapi bukan begitu caranya.

Perbedaan (antara) kita dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam bukanlah sedikit. Kalau dirinci, maka kita akan mendapati betapa banyak perbedaan (antara) kita dengan beliau. Perbedaan yang diakui dan tidak dipungkiri oleh semua insan yang beriman, yaitu kedudukan beliau sebagai seorang Rasulullah (Rasul Allah). Ini (merupakan) sebuah kedudukan yang tidak akan bisa diraih dengan usaha manusia. Masihkah kita berani mengatakan bahwa perbedaan (antara) kita (dengan beliau adalah) sedikit?

Perbedaan lainnya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda yang artinya, “Sesungguhnya Allah telah memilih Bani Kinanah dari anak keturunan Nabi Ismail dan memilih suku Quraisy dari Bani Kinanah. Dan Allah memilih Bani Hasyim dari suku Quraisy. Dan Allah memilihku dari Bani Hasyim.” (HR. Muslim)

Poin lain yang membedakan (antara) kita dengan beliau yaitu ucapan-ucapan beliau tidak bersumber dari hawa nafsu beliau. Sementara kita? Simaklah firman Allah ta’ala yang artinya, “Dan tidaklah yang diucapkannya itu (Al-Qur’an) menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tidak lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya).” (QS. An-Najm (53): 3-4).

Dan masih banyak lagi kelebihan yang tidak mungkin kita gapai. Bagaimana mungkin perbedaan yang sedemikian banyak dan jauh ini dikatakan sedikit? Jangankan dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam, dengan para shahabat saja kita tidak bisa menyamai mereka. Simaklah sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam berikut ini, dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu yang artinya, “Janganlah kalian mencela para shahabatku. Seandainya salah seorang diantara kalian menginfakkan emas sebesar gunung Uhud, maka dia tidak akan bisa mencapai satu mud dari salah seorang shahabat atau (sekedar hanya) setengahnya.” (HR. Al-Bukhari).

Al-Baidhawi rahimahullah mengatakan, “Makna hadits ini (adalah), dengan menginfakkan emas sebesar gunung Uhud, kalian tidak akan bisa meraih seperti pahala yang diraih oleh para shahabat yang menginfakkan satu mud (dua telapak tangan) makanan atau (hanya sebanyak) setengah mud.”

Jadi, dari sisi kehormatan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam, janganlah kita sekali-kali mengatakan, apalagi meyakini bahwa perbedaan kita dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam sedikit. Sedangkan dari sisi kehormatan kaum muslimin, untaian kalimat di atas juga kurang pas. Siapakah yang dimaksudkan oleh penulis (untaian kalimat tersebut)? Diri penuliskah atau siapa? Karena tidak semua kaum muslimin yang hidup di zaman ini seperti itu.

Inilah sebagian kecil dari berbagai permasalahan yang berkaitan dengan SMS di atas. Kiranya ini sudah cukup sebagai peringatan bagi yang merangkai kalimat tersebut, juga bagi yang terkadang menjadikannya sebagai pesan berantai. Terkhusus kepada tim majalah As-Sunnah supaya lebih selektif dan lebih hati-hati dalam memuat SMS yang masuk. Tidak semua SMS yang masuk lalu (bisa) dimuat dalam majalah ilmiyah yang kita cintai ini.

Terakhir, kepada Allah ta’ala kita memohon agar senantiasa kita diberikan rahmat dan senantiasa diberi taufiq untuk melakukan amalan-amalan yang disukai dan dicintai oleh Allah ta’ala.


DARI REDAKSI (Majalah As Sunnah):

Alhamdulillah, hanya kepada Allah ta’ala kami bersyukur atas kehadiran peringatan ini kepada kami. Dan kami redaksi juga mengucapkan terima kasih kepada ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat hafizhahullah yang telah berkenan memberikan nasehat dan peringatan terkait SMS yang kami muat pada rubrik Risalatikum, edisi 02/Thn. XIV. Tidak pernah terbetik dalam hati kami dan na’udzubillah dari menghina baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam dengan memuat SMS tersebut. Maksud kami hanyalah memberikan motivasi, sehingga SMS tersebut kami muat. Namun, niat baik ini tidak bisa melegalkan kesalahan. Kami memohon ampun kepada Allah ta’ala atas kesalahan ini.


[Diketik ulang dari Majalah As-Sunnah edisi 06/Thn. XIV/Dzulqa’dah 1431H/Oktober 2010 ]


Sumber : http://alqiyamah.wordpress.com/2011/01/18/tanggapan-terhadap-sms-ternyata-kita-dengan-rasulullah-shallallahu-%E2%80%98alaihi-wasallam-hanya-beda-sedikit-ustadz-abdul-hakim-bin-amir-abdat/


Share

Comments (0)

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.