Dari Sa'id bin Musayyab Radhiyallahu anhu, bahwa ia melihat seseorang mengerjakan lebih dari dua rakaat shalat setelah terbit fajar. Lalu beliau melarangnya. Maka orang itu berkata, "Wahai Sa'id, apakah Allah akan menyiksa saya karena shalat?", lalu Sa'id menjawab :"Tidak, tetapi Allah akan menyiksamu karena menyalahi sunnah"

[SHAHIH. HR Baihaqi dalam "As Sunan Al Kubra" II/466, Khatib Al Baghdadi dalam "Al Faqih wal mutafaqqih" I/147, Ad Darimi I/116].



TENTANG UCAPAN MENJAWAB SALAM YANG BENAR

Share/Bookmark
Posted By Abu Ayaz

Kategori :

Sudah di lihat :


Bismillah,
Memberi salam itu dianjurkan untuk penuh, Hal ini berdasarkan hadits dari ‘Imran bin Hushain radiallau ‘anhu, ia berkata: 
“Seorang laki-laki datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan mengucapkan , ‘Assalaamu...  ’alaikum’. 
Maka dijawab oleh Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam kemudian ia duduk, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Sepuluh’. 
Kemudian datang lagi orang yang kedua, memberi salam, ‘Assalaamu’alaikum wa Rahmatullaah.’ 
Setelah dijawab oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ia pun duduk, Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Dua puluh’. 
Kemudian datang orang ketiga dan mengucapkan salam: ‘Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa baraakaatuh’. Maka dijawab oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian ia pun duduk dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Tiga puluh’.” (Hadits Riwayat Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad no. 986, Abu Dawud no. 5195, dan At-Tirmidzi no. 2689 dan beliau meng-hasankannya).

Afwan, sekedar tambahan ilmu, Jika ada yang mengucapkan salam kepada kita, misalnya :
"Assalaamu 'alaikum wa rohmatullah", maka jawablah dengan ucapan WA'ALAIKUMUS SALAAM ... bukan WA'ALAIKUM SALAAM ... atau boleh WA 'ALAYKUMUS SALAAM ... bukan WA'ALAYKUM SALAAM ...

Mengapa? Karena tulisan arabnya : وعليكم السلام maka cara membaca yang benar adalah WA 'ALAIKUMUS SALAAM ... bukan WA'ALAIKUM SALAAM ..

Sebuah kata yg menggunakan alif lam artinya MA'RIFAH (DEFINITIF) sedangkan yg tanpa alif lam, artinya NAKIRAH (UNDEFINITIF) ... Dan juga orang yg menjawab salam diharuskan membalas seperti orang yg memberi salam. Jika orang berkata: AS-SALAAMU 'ALAIKUM (menggunakan alif lam) maka jawabnya juga dengan alif lam WA'ALAIKUMUS SALAAM bukan  WA'ALAIKUM SALAAM ..
Semoga bermanfaat.



short code 98SMHBAAY2SF


Share

Comments (2)

alhamdulillaah....
abu, menurut sy: WA 'ALAYKUMUS SALAAM dijawab tulisan demikian krn transliterasi dari bahasa arabnya yg menggunakan huruf 'ya sukun' shg dianggap tetap huruf 'y' tanpa huruf vokal, walaupun memang ada yg mentransliterasi 'ya sukun' menjadi "ai"
Afwan...

hehe, na'am, makanya ana tidak mempersoalkan apakah "ay" atau "ai"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.